Getuk Goreng Sokaraja

Getuk goreng adalah penganan khas Sokaraja yang manis dan gurih, dibuat dari singkong dan dibumbui gula kelapa. Getuk goreng ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1918 oleh Sanpirngad, seorang penjual nasi keliling di daerah Sokaraja. Pada saat itu getuk yang dijual tidak laku, sehingga beliau mencari akal agar getuk tersebut masih bisa dikonsumsi. Kemudian, getuk yang tidak habis dijual pada hari itu dia goreng dan dijual lagi. Ternyata, makanan baru tersebut digemari oleh para pembeli.[1] Saat ini getuk goreng dapat dengan mudah ditemui di sepanjang jalan di Sokaraja. Getuk yang digoreng juga bukan lagi getuk yang tidak laku dijual, melainkan sengaja dibuat untuk digoreng.

Cari kuliner yang menyediakan ini

Jenang Jaket

Jenang Asli Ketan atau biasa disebut Jenang Jaket merupakan usaha turun temurun masyarakat Kelurahan Mersi Banyumas Jawa Tengah. Usaha ini pertama kali dirintis tahun 1970-an oleh masyarakat setempat. Hingga kini mereka terus bertahan dengan mengandalkan resep turun temurun yang dijaga konsistensinya.

Cari kuliner yang menyediakan ini

Keripik Tempe

Keripik tempe adalah makanan yang terbuat dari Tempe yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Tempe diiris tipis dicelupkan ke adonan tepung terigu encer lalu digoreng dengan minyak kelapa hingga kering. Hasilnya, adalah keripik renyah yang gurih dan lezat. Kripik Tempe ini sangat digemari oleh mayoritas penduduk Banyumas karena sesuai dengan lidah mereka yaitu rasanya yang gurih.

Cari kuliner yang menyediakan ini

Soto Sokaraja

Soto Sokaraja atau oleh masyarakat Banyumas disebut Sroto Sokaraja adalah sejenis makanan dari Indonesia. Soto ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia. Ciri utama dari soto ini adalah penggunaan sambal kacang dan ketupat.

Cari kuliner yang menyediakan ini